Pengertian Agama

A.Pengertian Agama

Pada wahyu yang terakhir kali diturunkan, yaitu surat Al-Maidah:3, Allah menyatakan bahwa Islam telah diridhoi-Nya sebagai din buat manusia. Terminologi din, dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan kata agama. Memahami karakteristik konsep agama dengan terjemahan akan menimbulkan banyak distorsi, diantaranya adalah mengenai konsep makna din ini. Di dalam kamus bahasa Indonesia, agama didefinisikan sebagai bentuk kepercayaan kepada Tuhan dan tata cara berhubungan dengan-Nya. Definisi ini menempatkan hubungan jual beli berada di luar wilayah agama. Padahal jika mempelajari Islam, akan ditemukan peraturan tentang jual beli, pidana, tata negara, bahkan perang dan perdamaian. Dengan demikian, penerjemahan din dengan kata agama menyebabkan penyempitan makna.

Din, adalah kata yang sangat kontroversial. Dia mengandung makna yang bertolak belakang, satu pihak bermakna penyerahan, ketundukan dan ketaatan, tetapi di sisi lain berarti menguasai dan memaksa. Untuk lebih lengkapnya perhatikan beberapa makna din berikut ini, dengan menelusuri asal maknanya ( دان – يدين – دين );

1 Makna-makna Agama

a Tunduk, seperti dalam ungkapan; الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَ عَمِلَ لِماَ بَعْدَ الْمَوْتِ (Orang yang beruntung adalah orang yang dapat menundukkan hawa nafsunya dan beramal untuk setelah kematian)

b. Taat أُرِيْدُ مِنْ قُرَيْشٍ كَلِمَةً تَدِيْنُ بِهَا الْعَرَبُ (Aku inginkan dari orang Quraisy satu kalimat yang menyebabkan orang Arab menjadi taat)

c. Aturan إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه و سلم كَانَ عَلىَ دِيْنِ قَوْمِهِ (Sesungguhnya Rasulullah saw dahulu mengikuti tradisi/aturan hidup kaumnya)

d Balasan اللَّهُمَّ دِنْهُمْ كَمَا يَدِيْنُوْنَ(Ya Allah balaslah mereka sebagaimana mereka memperlakukan kami)

Bertolak dari analisis kebahasaan di atas, din sekurang-kurangnya memiliki empat macam arti, yaitu; 1. Pemerintahan dan kekuasaan tertinggi, 2. Tunduk dan taat kepada pemerintah, 3. Norma/aturan berpikir dan berbuat di bawah kekuasaan pemerintah, 4. Balasan yang disediakan oleh pemerintah. Dengan demikian, din merupakan kalimah yang musytarak (polisemi) murni

Iklan

About Agen Obat Herbal

Distributor Penjual Obat Herbal Alami terbesar di Indonesia kami dapat Mengirim barang Terlebih dahulu dan Pembayaran dilakuan setelah barang diterima.

Posted on Mei 9, 2011, in makalah and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: