makalah penyakit Diabetes Militus (DM)

BAB I PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

Semakin bertambah usia manusia maka semakin tambah kemungkinan terkena penyakit. Semakin bertambah usia maka sel-sel manusia bertambah tua dan berkurang fungsi serta anatominya. Dengan demikian akan semakin dekat dan mudah terkena penyakit. Penyakit yang mungkin muncul adalah salah satunya diabetes melitus. Meskipun diabetes melitus mungkin juga terjadi pada usia anak dan muda tergantung jenis DM yang menjangkit. Diabetes Melitus penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun bisa dikendalikan. Untuk mengendalikan penyakit Diabetes Melitus diperlukan pengetahuan dan kemauan dari pasien. Untuk itu pasien memerlukan bantuan dalam menghadapi penyakit Diabetes Melitus dengan asuhan keperawatan yang komprehensif.

1.2.            Tujuan

Tujuan dalam penyusunan Laporan Pendahuluan ini adalah :
1. Mengetahui tentang penyakit Diabetes Melitus dan penyebabnya.
2. Mengetahui tanda dan gejala dari DM.
3. Mengetahui perawatan, penatalaksanaan serta komplikasi DM.
4. Mengetahui asuhan keperawatan pada pasien dengan DM.
5. Mampu menerapkan asuhan keperawatan dengan DM.

BAB II ISI

2.1. Definisi Penyakit

Diabetes melitus adalah suatu penyakit gangguan kesehatan di mana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Diabetes Mellitus / DM dikenal juga dengan sebutan penyakit gula darah atau kencing manis yang mempunyai jumpah penderita yang cukup banyak di Indonesia juga di seluruh dunia.

Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah melebihi batas normal yang diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan insulin baik yang bersifat absolut maupun relatif.

Yang dimaksud bersifat absolut adalah kadar insulin di dalam tubuh si penderita memang berada di bawah normal. Sedangkan yang dimaksud relatif di sini adalah kondisi kadar insulin masih tergolong normal tapi tidak efektif, sehingga menunjukkan gejala kekurangan insulin.

2.2. Penyebab Penyakit

Tipe 1

Diabetes mellitus tipe 1 adalah diabetes yang terjadi pada anak-anak yang dibawa sejak mereka lahir. Penyakit ini timbul akibat ketidakmampuan atau kekurangefektifan hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah (mengubah gula darah/glukosa menjadi gula otot/glikogen). Jadi, pada diabetes tipe 1 ini, insulin sejak dari lahir sudah sedikit atau terganggu fungsinya.

Para ahli percaya bahwa gangguan insulin pada diabetes tipe 1 itu adalah karena tubuh penderita merusak atau mengganggu sel beta yang ada di pankreas. Akibatnya, sel beta yang merupakan penghasil insulin terganggu dalam memproduksnya. Tak hanya itu, produksi insulin yang terganggu juga dimungkinkan oleh adanya infeksi virus tertentu.

Pada anak-anak penderita diabetes meliitus tipe 1 ini, kenaikan kadar gula dalam darah biasanya diakibatkan oleh lupa atau terlewatnya jadwal pemberian insulin, makan terlalu banyak, sedang sakit (misalnya flu), mengonsumsi obat tertentu (misalnya kortikosteroid), memasuki masa puber, dan lain-lain.

Penyebab Diabetes Mellitus Tipe 2

Diabetes mellitus tipe 2 terjadi pada orang dewasa yang memasuki usia paruh baya. Hal ini terjadi akibat kegemukan, obesitas, dan kekurangan gerak (aktivitas tubuh yang menurun). Jumlah penderita diabetes mellitus tipe 2 adalah jumlah diabetes yang terbanyak dari seluruh jumlah penderita.

Penyebab terjadinya diabetes tipe 2 adalah sedikitnya jumlah insulin, terganggu atau tidak efektifnya insulin, serta terganggunya pankreas dalam memproduksi insulin. Kondisi terganggunya fungsi insulin biasa disebut sebagai kekebalan insulin atau ‘insulin resistance’.

Faktor yang memperbesar seseorang menderita penyakit diabetes tipe 2 bisa juga adalah tekanan darah tinggi, kadar lemak (trigliserid) yang tinggi, diet lemak yang tinggi, meminum alkohol, kegemukan, obesitas, penuaan, dan juga suku bangsa tertentu (misalnya Latin, Amerika; Afrika, dan Asia). lihat selengkapnay.. Klik disini

About these ads

About Agen Obat Herbal

Distributor Penjual Obat Herbal Alami terbesar di Indonesia kami dapat Mengirim barang Terlebih dahulu dan Pembayaran dilakuan setelah barang diterima.

Posted on Desember 19, 2010, in makalah and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: